Jumat, 02 September 2016

Ngobrolin Buku : "Muhammad Rasulullah Teladanku"

Sebenarnya sudah lama saya mempunyai buku ini dan ingin bercerita tentang buku istimewa ini. Buku yang istimewa, karena harganya yang membuat banyak orang terkejut. Benar-benar terkejut, karena  memang berbilang juta dengan angka 4 di depan saat ini. Alhamdulillah saya membelinya sekitar 6 tahun lalu, tetap terkejut, tapi terkejutnya masih di angka 3.

16 buku utama, 2 bukupelengkap + ada bonus board book untuk balita

Memang, untuk ukuran harga buku segitu, bagi kebanyakan orang, saya termasuk di dalamnya sungguh sangat mahal. Setumpuk kertas, harganya setara kulkas dua pintu* Wow!. Sempat maju-mundur syantiek saat akan membelinya. 

Awal mengenal #MuTe, ketika di sekolah anak-anak diadakan seminar parenting. Sempat berpikir lama, sebelum akhirnya terhempas, dan memutuskan membeli. Ketika memutuskan 'nekat' membelinya, saya hanya berbekal bismillah, dan merasa yakin jika buku ini sangat bermanfaat. Apalagi saat itu menjelang liburan kenaikan. Berharap, buku-buku itu bisa sebagai pengisi waktu libur yang lumayan panjang. 

Dengan harga yang membuat terkejut itu, tentunya buku ini bukan buku biasa. Buku ini sangat membangun karakter dengan kisah-kisahnya. Jadi saat liburan tiba, kami benar-benar menghabiskan waktu dengan membaca buku ini jilid demi jilid. Membuka bungkus plastiknya satu demi satu. Bahkan duo bocah seakan tidak sabar untuk membuka buku berikutnya.
Memang sudah banyak buku yang sejenis, yang mengisahkan perjalanan dakwah Rasulullh Muhammad. Namun buku ini memang soul-nya sangat berbeda. Buku ini sangat layak dibaca oleh siapa saja, dari balita, hingga orang tua, bahkan lansia.  Bahkan si Ayah yang biasanya malas bercerita, jadi tak kuasa menolak ketika duo bocah merengek meminta Ayahnya membacakan kisah-kisahnya.

Muhammad Teladanku atau biasa orang menyebutnya #MuTe memang buku keluarga yang tak akan lekang dimakan zaman. Kisah-kisahnya tidak akan pernah usang. Kesahihan sumber sirohnya juga bisa sangat dipercaya. Banyak kisah-kisah yang sebelumnya tidak saya ketahui, saya temukan lewat buku ini. 

Itulah beberapa alasan saya membeli buku ini. Disamping memang kecintaan dan kegemaran anak-anak membaca buku. Buku ini akan menjadi warisan berharga buat anak cucu saya kelak insyaAllah.

Yakin sampai anak cucu cicit Buk? Yakin dong. Melihat bentuk fisiknya yang hard cover dengan lembar bagian dalamnya yang glossy dan tebal, insyaAllah buku ini akan awet. Tentu saja asal dijaga dengan baik. Lain cerita jika sampai terendam air atau terkena api.

Satu paket buku ini benar-benar menyajikan kisah sangat lengkap tentang manusia mulia Muhammad Rasulullah. Dari lahir hingga wafat, beserta kisah-kisah yang melatar belakanginya. Ada kisah tentang Jazirah Arab kala itu, Kisah di balik peperangan yang terjadi, kisah sahabat-sahabat yang sangat istimewa yang jarang sekali orang mendengarnya. Seperti kisah Abdullah bin Umu Maktum, Abdullah bin Mas'ud, Abu Dzar, Salman Al-Farisi dan banyak lagi. 


Aisyah , dan sepupunya Hoshi dan daffa 


Di kisah-kisah tertentu, kami, saya dan anak-anak dibuat menangis ketika membacanya. Air mata merebak, saat membaca kisah perjalanan Rasulullah menemui para pembesar  Thaif begitu yang begitu menyentuh hati. Yang paling membuat saya tergugu, adalah ketika membaca buku ke 16. Dan ini adalah jilid yang paling berulang kali saya baca. 

Di ulang membaca beberapa kali pun saya tetap tidak bisa menahan rasa sedih dan kehilangan yang teramat sangat, seperti apa yang dirasakan para sahabat kala itu. Kisah itu adalah ketika detik-detik terakhir Rasulullah. Rasa rindu selalu menyeruak saat di detik-detik terakhir beliau.

Anak-anak sangat betah jika dibacakan kisah-kisahnya. Meskipun saat membelinya anak-anak sudah bisa membaca sendiri, tapi mereka lebih suka jika dibacakan kisahnya. Karena memang, narasi, diksi dan dialognya dibuat sedemikian rupa, hingga anak-anak bisa mencerna. Kebetulan, di sekolah mereka buku ini juga menjadi sarana untuk belajar siroh, ketika ustad atau ustadzah mereka berkisah di depan kelas.       

duo krucil keponakan dan Emaknya yang juga ketularan   :D

Jadi, buku ini memang recommended banget bagi semua keluarga muslim yang ingin mengenal lebih dekat sosok Rasulullah Muhammad. Menjadikan kisah-kisah di dalamnya sebagai rujukan dan panutan dalam kehidupan sehari-hari. Karena kisah dan tokoh-tokoh di dalamnya adalah nyata, bukan dongeng ataupun khayalan penulisnya. 

Tentang #MuTe

Muhammad Teladanku, kisah sirah Nabi Muhammad Saw. bacaan untuk anak-anak yang disampaikan dalam bentuk dongeng. Mengenalkan kepada keluarga pada sosok teladan utama manusia. Disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami, mengalir dan mengasyikkan, serta kaya akan nilai-nilai akhlaq mulia dan sejarah Islam. Memahami nilai-nilai Islam yang dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad Saw. jadi lebih menarik dalam sajian ilustrasi artistic full color. Semakin tidak membosankan karena dilengkapi dengan berbagai sarana interaktif.

Spesifikasi produk :

16 buku Utama  (Ukuran buku : 15 x 210 x 280 mm,Penulis naskah : Eka Wardhana dan Tim Kreatif Sygma, Hard cover, full color, kertas isi AP 190 gram )

2 buku pelengkap

5 Buku Kisah Nabi untuk Balita

3 buah poster dan permainan

Muhammad Teladanku terdiri dari 16 buku utama dengan tema :

1. Kelahiran Rasulullah
2. Masa Muda
3. Menjadi Rasul
4. Ketabahan
5. Tanda-tanda Kemenangan
6. Madinah al Munawwarah
7. Mempersembahkan Islam
8. Perang Uhud
9. Perang Khandaq
10. Kemenangan di Khaibar
11. Penaklukan Mekah
12. Teladan Umat Manusia
13. Rasul Penyayang
14. Rasul yang Dicintai
15. Rasulullah Berkisah
16. Wafatnya Rasulullah
17. Mutiara Pelengkap


Buku Pelengkap :

1. Ensiklopedi Muhammad
Sebuah ensiklopedi praktis dan lengkap yang berisi segala hal yang terkait kehidupan Nabi Muhammad SAW. Disusun secara alfabetis, ensiklopedi ini menjadi sangat mudah dan menarik dalam menggunakannya.

2. Mutiara Pelengkap
Memuat berbagai informasi penting yang menambah fakta perjalanan kehidupan Nabi Muhammad SAW dilengkapi berbagai games dan permainan interaktif yang sangat menghibur, membuat keluarga senang dan nyaman mempelajari sirah Nabinya.

5 Buku Balita

Nabi Sayang Allah
Nabi Sayang Keluarga
Nabi Sayang Sahabat
Nabi Sayang Anak-anak
Nabi Sayang Binatang

3 buah Poster dan Permainan
Poster Keluarga Rasulullah
Poster Jejak Rasulullah
Poster Mekah Zaman sekarang
Permainan Ular Tangga Muslim

Dengan membaca siroh, kita mulai belajar mengenal sosok manusia mulia, Rasulullah SAW. Dari  membaca itulah kecintaan dan kekaguman akan bermula. Tak ada kata terlambat untuk mengenal lebih dekat Muhammad Teladanku. Bersyukur sekali bisa memiliki buku istimewa ini.  

Muhammad Rasulullah, he is a father, a husband, a friend, a leader, The Best One.   



*Bulan September ini, saya sedang tidak sabar menunggu buku 24 Nabi dan Rasul Teladan Utama tiba. Buku terbaru dari Sygma, yang melengkapi Muhammad Teladanku. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar